Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Topik dan Gagasan Utama dalam Teks Laporan Hasil Observasi (LHO)

Topik dan gagasan utama

Di postingan ini kita akan membahas tentang topik dan gagasan utama dalam teks laporan hasil observasi. Materi ini terdapat di pelajaran bahasa Indonesia kelas 8 SMP. Sebelum mempelajari tentang topik dan gagasan utama dalam laporan hasil observasi, ada baiknya kamu mempelajari pengertian, ciri, struktur, dan contoh teks laporan hasil observasi dalam postingan yang berjudul Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Laporan Hasil Observasi.

Teks laporan hasil observasi digunakan untuk melaporkan hasil pengamatan terhadap objek atau peristiwa tertentu. Teks laporan hasil observasi ditulis untuk memberikan pengetahuan berupa informasi kepada orang lain. Salah satu aspek penting dalam memahami informasi dalam teks laporan hasil observasi adalah mengenali topik dan gagasan utamanya.

Topik adalah subjek atau pokok pembicaraan yang menjadi dasar dari sebuah teks. Topik, disebut juga tema, merupakan ide atau pokok pembicaraaan dalam teks atau karangan yang menggambarkan keseluruhan isi laporan. Dalam konteks teks laporan hasil observasi, topik biasanya berupa objek atau fenomena yang diamati. Topik ini bisa berupa makhluk, benda mati, atau suatu peristiwa. 

Untuk mengidentifikasi topik teks, kamu bisa mengajukan beberapa pertanyaan berikut.

1. Apa judul teks itu?

2. Apa yang paling sering dibahas dalam tulisan itu?

3. Hal apa yang dibahas dalam paragraf pertama dan terakhir?

4. Apa saja kata-kata yang paling sering muncul?

5. Apa peristiwa, keadaan, atau benda yang paling sering muncul?

6. Apa yang ditunjukkan oleh gambar atau foto yang mengiringi teks?

Gagasan utama adalah ide pokok yang mendasari sebuah paragraf atau keseluruhan teks. Gagasan utama disebut juga gagasan pokok, pikiran pokok, atau ide pokok. Dalam teks laporan hasil observasi, gagasan utama biasanya menjelaskan informasi paling penting yang ingin disampaikan tentang topik yang diamati. 

Satu paragraf hanya memiliki satu gagasan utama. Gagasan utama terkandung di dalam kalimat utama. Paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Jika satu paragraf deduktif terdapat enam kalimat, kalimat pertama adalah kalimat utama. Sementara itu, lima kalimat setelahnya adalah kalimat penjelas.

Paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf disebut paragraf induktif. Kebalikannya dengan paragraf deduktif, jika suatu paragraf induktif terdiri atas enam kalimat maka kalimat pertama sampai kelima adalah kalimat penjelas, sedangkan kalimat terakhir adalah kalimat utama. 

Berikut adalah contoh teks yang bisa untuk membedakan paragraf deduktif dan induktif. Kalimat yang dicetak tebal adalah kalimat utama.

1. Contoh Paragraf Deduktif

Alun-Alun Karanganyar banyak dimanfaatkan untuk aktivitas masyarakat. Ada yang mengais rezeki dengan berjualan makanan atau minuman di kawasan alun-alun. Ada juga yang memanfaatkan alun-alun sebagai tempat bersantai. Masyarakat yang ingin berolahraga bisa memanfaatkan kawasan di sekitar alun-alun untuk joging, senam, bersepeda, atau bermain sepatu roda. Alun-alun juga sering digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan yang melibatkan orang banyak, seperti konser dan pengajian akbar.

Baca juga: 10 Contoh Paragraf Deduktif 

2. Contoh Paragraf Induktif

Banyak orang yang mengais rezeki dengan berjualan makanan atau minuman di kawasan Alun-Alun Karanganyar. Ada juga orang-orang yang memanfaatkan alun-alun sebagai tempat bersantai. Masyarakat yang ingin berolahraga bisa memanfaatkan kawasan di sekitar alun-alun untuk joging, senam, bersepeda, atau bermain sepatu roda. Alun-alun juga sering digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan yang melibatkan orang banyak, seperti konser dan pengajian akbar. Ternyata banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh masyarakat di Alun-Alun Karanganyar.

Baca juga: 10 Contoh Paragraf Induktif

Untuk mengidentifikasi gagasan utama suatu paragraf, kamu dapat mengajukan pertanyaan berikut ini.

1. Apakah teks itu merupakan teks narasi?

        Jika iya, maka letak gagasan utamanya ada di seluruh paragraf.

        Jika bukan, maka letak gagasan utamanya ada di kalimat pertama atau terakhir.

2. Apakah kalimat terakhir paragraf itu berupa simpulan?

        Jika iya, maka letak gagasan utamanya ada di kalimat terakhir.

        Jika tidak, maka letak gagasan utamanya ada di kalimat pertama.

Dengan mengetahui letak gagasan utama, kamu akan mudah mengidentifikasi informasi apa saja yang disampaikan dalam teks laporan hasil observasi.

Baca juga: 40 Soal tentang Laporan Hasil Observasi (LHO)

Untuk membedakan topik, gagasan utama, dan kalimat utama, silakan baca paragraf berikut!

                                                 Menikmati Keindahan Telaga Madirda

        Telaga Madirda adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di daerah Karanganyar, Jawa Tengah. Telaga yang terletak di kaki Gunung Lawu ini menyuguhkan pemandangan gunung yang indah, udara yang sejuk serta air telaga yang sangat jernih. Saat memasuki kawasan ini, pengunjung akan disambut dengan taman yang indah, luas serta bersih. Terdapat pula jembatan yang sudah dihiasi bambu sedemikian rupa yang menjadi spot foto untuk pengunjung.

       Banyak kegiatan yang dapat pengunjung lakukan saat berada di Telaga Madirda. Selain sebagai tempat bersantai dan melepas penat, pengunjung juga dapat melakukan banyak aktivitas menyenangkan. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan, di antaranya seperti naik kano, berswafoto, outbond, bermain air di sekitar telaga, dan berkemah. 

        Rute menuju ke Telaga Madirda cukup mudah walaupun banyak tanjakan dan belokan tajam. Untuk menuju lokasi ini silakan gunakan rute jalan besar dari Solo menuju Kabupaten Karanganyar, kemudian melaju ke Ngargoyoso. Nanti akan terlihat tanda penunjuk jalan menuju Telaga Madirda. Waktu tempuhnya sekitar 45 menit dengan jarak 25 km dari kota Karanganyar. Mendekati kawasan telaga, akses jalan cukup sempit sehingga tidak cukup untuk dilalui bus berukuran besar.

Sumber: https://www.orami.co.id

Baca juga: 25 Soal tentang Materi Teks Laporan Hasil Observasi (LHO)

Berdasarkan bacaan di atas, kita dapat menemukan topik, gagasan utama, dan kalimat utama masing-masing paragraf.

a. Paragraf I

        1) Topik : Telaga Madirda

        2) Gagasan utama : Deskripsi umum tentang Telaga Madirda

        3) Kalimat utama : Telaga Madirda adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di daerah Karanganyar, Jawa Tengah

b. Paragraf II

        1) Topik : Telaga Madirda

        2) Gagasan utama : Kegiatan yang dapat dilakukan oleh pengunjung di Telaga Madirda

        3) Kalimat utama : Banyak kegiatan yang dapat pengunjung lakukan saat berada di Telaga Madirda.

c. Paragraf III

        1) Topik : Telaga Madirda

        2) Gagasan utama : Rute menuju ke Telaga Madirda

     3) Kalimat utama : Rute menuju ke Telaga Madirda cukup mudah walaupun banyak tanjakan dan belokan tajam

Agar lebih memahami topik dan gagasan utama, silakan baca tentang pembahasan topik dan gagasan utama bacaan yang berjudul "Sepeda Motor di Indonesia" berikut: Topik dan Gagasan Utama Bacaan "Sepeda Motor di Indonesia".
Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "Topik dan Gagasan Utama dalam Teks Laporan Hasil Observasi (LHO)"